Sabtu, 19 Februari 2022

TPNPB: Batalyon Somb Winan Perkuat Basis Dalam Negeri, Runtuhkan Ketergantungan Asing


Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap XII secara terbuka telah meresmikan Batalyon Somb Winan di Kampung Wagura, Kaimana, Papua Barat. (18/2)

Juru Bicara TPNPB, Sebby Sambom menjelaskan bahwa peresmian tersebut adalah upaya untuk memperkuat basis di dalam negeri.

"Benar sudah diresmikan, Batalyon Somb Winan dimaksudkan untuk memperkuat basis di dalam negeri," ujar Sebby.

Peresmian satuan baru yang dihadiri oleh gerilyawan TPNPB pria dan wanita tersebut disebutkan oleh Sebby Sambom sebagai wujud perjuangan nyata.

"Kami hadir tidak hanya laki-laki, tapi wanita juga ikut memperkuat barisan. Aksi seperti ini yang menjadi wujud nyata perjuangan," tambahnya.

Meski dirinya tak menampik ada kekuatan pengaruh asing dalam perjuangan, Sebby menegaskan jika kemerdekaan harus dilakukan sendiri oleh rakyat bangsa Papua.

"Berjuang harus dari diri sendiri, tidak bisa mengandalkan diplomasi luar negeri. Itu sama saja menjual Papua untuk kepentingan asing," tuturnya.

Pernyataan Sebby Sambom dinilai sebagai tanggapannya terhadap konflik internal dalam perjuangan pembebasan Papua. Diketahui aksi diplomasi ULMWP yang melibatkan pihak asing mendapat banyak penolakan oleh sejumlah tokoh perjuangan. 

0 komentar:

Posting Komentar