Minggu, 13 Februari 2022

ULMWP Sumber Konflik di Papua, Adat dan Budaya Dipertaruhkan


Eksistensi kelompok separatis di Papua dinilai sebagai ancaman serius yang merusak keutuhan NKRI. Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang tokoh senior Papua, Franz Korwa.

"Indonesia itu terbengang dari Aceh sampai ke Papua, tapi yang terjadi sekarang ini, aksi kelompok separatis telah mengganggu kedaulatan itu," ungkap Franz Korwa. (14/2)

Korwa menyebutkan kelompok separatis, baik yang bersenjata ataupun yang terafiliasi dengan jalur politik, disebutkan selalu berupaya untuk membuat konflik di Papua. Ketidak nyamanan situasi yang terjadi tersebut diharapkan dapat mengundang perhatian PBB.

"Jadi cara mereka berjuang itu dengan membuat konflik di Papua, sekecil apapun permasalahannya akan digiring dan dimanfaatkan agar menjadi polemik yang panjang. Bahkan mereka tidak jarang sengaja menciptakan konflik," ujarnya.

Salah satu organisasi separatis yang tersfiliasi dengan jalur politik yang kerap menciptakan polemik di Papua, disebutkan Korwa adalah ULMWP.

"Yang paling vokal memang ULMWP, mereka bersiasat dengan seribu cara. Mulai mencoba masuk ke forum internasional, ataupun dengan cara-cara lainnya. Padahal kalau ditelisik ulang, PBB itu tidak pernah bisa diintervensi, mereka bekerja sesuai fakta dan realita. Bukan semata-mata karena adanya desakan dan laporan dari salah satu pihak," tambahnya.

Terkait pandangannya terhadap dinamika yang terjadi di Papua, Korwa menjelaskan bahwa wilayah tersebut merupakan daerah yang sangat aman, namun sedang dirusak dengan banyaknya kepentingan yang bersumber dari kelompok separatis. 

"Papua adalah wilayah yang aman, masyarakatnya berbudaya luhur. Hanya saja beberapa kelompok yang tidak puas dengan kondisi saat ini mencoba mengeksploitasi, tentu dengan cara yang menyimpang. Sehingga wujud keamanan dan kenyamanan itu digadaikan," tutupnya. 

0 komentar:

Posting Komentar