Senin, 28 Maret 2022

Bupati Puncak Jaya Jabarkan Hasil Pemekaran Wilayah di Papua


Kabar terkait pemekaran wilayah di Papua semakin mendapat banyak dukungan dari sejumlah pihak. diketahui Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos., S.IP., M.M. dalam keterangannya menyebutkan bahwa kebijakan pemekaran akan mempermudah perpecapatan pembanganan di wilayah-wilayah Papua yang jarang diperhatikan.

Yuni juga menenrangkan bahwa faktor topografi dan demografi di Provinsi Papua sangat beragam, hal tersebut dianggapnya cukup memberi hambatan tersendiri bagi para pemegang kebijakan sehingga tidak jarang masyarakat kurang terperhatikan.

“Pemekaran wilayah akan mempermudah percepatan pembanganan, yang merasakannya nanti tentu kita sendiri sebagai masyarakat. Sebab wilayah Papua yang sangat luas, kita punya gunung, lembah, pantai. Sementara adat di masyarakat juga bermacam-macam, makanya kadang ada pertimbangan karena semua itu,” ungkap Yuni Wonda. (29/3) 

Yuni Wonda menjelaskan bahwa Kabupaten Puncak Jaya yang dipimpinnya saat ini juga merupakan hasil dari pemekaran wilayah yang dilakukan pada tahun 2008. Dirinya menambahkan bahwa sejak tahun 2008 hingga saat ini, proses pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya sudah dapat dilihat perubahannya.

“Saya dan seluruh masayarakat di Puncak Jaya adalah saksi bagaimana kabupaten ini mulai berkembang. Kami bersyukur sekarang ada jalan yang lebih bagus, fasilitas kesehatan yang lebih mumpuni, ketersediaan listrik dan kemudahan komunikasi. Kita tidak bisa menampik kalau semua itu hasil dari pemekaran,” tambahnya.

Atas dasar tersebut Yuni Wonda dalam penuturannya mengatakan jika aksi sepihak yang dilakukan kelompok tertentu terkait upaya penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) patut dipertanyakan. Dirinya menilai jika pergerakan tersebut sengaja dicetuskan untuk menciptakan konflik atas kepentingan pribadi.

“Kita bicara kepentingan masyarakat, jangan kepentingan pribadi yang diatasnamakan masyarakat. Pemekaran sudah terbukti hasilnya, lalu apa lagi yang dipermasalahkan. Orang Papua sudah lama menantikan kemudahan dalam hidupnya, jangan lagi dihambat,” tutur Yuni Wonda.

0 komentar:

Posting Komentar