Jumat, 11 Maret 2022

Dinamika DOB, Papua Harus Dibangun Sesuai Karakteristiknya


Rencana Pemerintah Pusat untuk membangun Papua lewat kebijakan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) mendapat dukungan dari sejumlah komponen  Kepala Daerah se-Tanah Tabi.

Ketua Forum Kepala Daerah Se-Tanah Tabi, Mathius Awoitauw dalam pernyataan dan deklarasinya mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh pembentukan DOB yang meliputi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan Tengah.

"Hari ini lewat Forum Kepala Daerah Se-Tanah Tabi, kami menyepakati dan mendeklarasikan pernyataan sikap, bahwa kami mendukung sepenuhnya rencana pembentukan DOB," ungkap Mathius dalam keterangannya. (11/3)

Terkait hal tersebut, menanggapi situasi di Papua terhadap dinamika DOB, Franz Korwa sebagai tokoh senior mengatakan bahwa aksi dan aspirasi Kepala Daerah Se-Tanah Tabi merupakan bentuk dobrakan dalam kesungguhan untuk membangun wilayah. 

"Saya lihat bagus, karena itu adalah bentuk dobrakan, artinya mereka peduli dan bersungguh-sungguh mau membangun wilayahnya masing-masing," ujar Franz Korwa. (12/3)

Korwa menduga bahwa aksi deklarasi tersebut sebagai bentuk ungkapan para Kepala Daerah yang  selalu teralangi karena tugasnya kerap terbatasi kebijakan pada tingkat provinsi.

"Tidak sedikit kebijakan di daerah yang terbentur di provinsi, ini juga tidak bisa disalahkan karena memang Papua secara keseluruhan punya karakteristik yang berbeda-beda. Maka bagus kalau semua lancar, karena selatan akan jalan sendiri, tengah jalan sendiri, pegunungan juga begitu," terangnya.

0 komentar:

Posting Komentar