Jumat, 18 Maret 2022

Jubir TPNPB Minta OAP Lupakan Isu Pemekaran Wilayah


Di tengah ramainya sejumlah organisasi pro-kemerdekaan yang menentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, rupanya hal tersebut tidak membuat Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, merasa khawatir ataupun terancam.

Sebby Sambom dalam penyampaiannya mengungkapkan bahwa pemekaran wilayah di Papua justru akan memberi keutungan terhadap persiapan upaya pembebasan. (19/3)

"Saya memilih untuk tidak sibuk mengurusi hal seperti ini, karena memang mau negara bangun jembatan, bangun jalan, bentuk DOB, itu semua memudahkan Negara West Papua di masa depan," ungkap Sebby Sambom.

Polemik pemekaran wilayah disebutkan Sebby Sambom tidak akan mempengaruhi aksi dan agenda kelompok pembebasan. Dirinya menegaskan jika fokus utama dalam setiap agenda adalah untuk lepas dari pengaruh kolonialisme dan bukan malah terbawa arus politiknya.

"Mau pemekaran seribu kali perjuangan yang kami bawa seharusnya tidak akan pernah terpengaruh. Tujuan kita untuk bebeas, bukan malah ikut sibuk mengurusi kebijakan yang dikeluarkan oleh Jakarta," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sebby Sambom, menegaskan bahwa rakyat Papua tidak perlu khawatir dengan rencana pembangunan di Papua. Dirinya memilih untuk lebih memperkuat kekuatan internal yang didasari pada 7 wilayah adat di Papua.

"Papua dari Sorong sampai Merauke kita punya ikatan yang lebih berpengaruh, orang Papua lebih tunduk pada adat. Jadi tidak perlu kita sibuk menolak aturan yang tidak jelas akar/sumbernya, lupakan semua ini karena hanya mempersulit diri sendiri, kita punya pilihan sendiri," ungkapnya.

0 komentar:

Posting Komentar