Senin, 21 Maret 2022

Lewis Kogoya Targetkan Warga Sipil, Rumah Guru dan Puskesmas Dibakar


Aksi biadab kelompok separatis kembali terulang. Lewis Kogoya diketahui telah melakukan penyerangan terhadap warga sipil di Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai. Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun sejumlah kamp dan perumahan guru serta Puskesmas habis dibakar. (20/3)

Lewis Kogoya yang diketahui merupakan pimpinan kelompok separatis Dulamo Kodap III Ndugama bukan kali pertama melakukan aksi keji dan teror terhadap warga sipil. Lewis disebutkan pernah melakukan penyerangan di Kabupaten Ilaga dan membakar honai (rumah adat) milik warga kampung.

"Lewis Kogoya namanya memang selalu berurusan dengan kelompok sipil. Kejadian penyerangan di Baya Biru bukan pertama dilakukan, jauh sebelum itu sudah pernah ada satu kampung di Ilaga yang menjadi sasaran aksi biadab, semua honai dibakar," ujar Franz Korwa sebagai salah seorang tokoh senior Papua. (21/3)

Fakta lain disebutkan bahwa aksi teror yang dilakukan kelompok Lewis Kogoya juga dimaksudkan untuk melakukan penjarahan barang-barang dan kebutuhan pokok milik warga. Hal tersebut diungkapkan mengingat kelompok Lewis Kogoya kerap melakukan beberapa perjalanan jauh dalam melakukan aksi-aksinya.

"Mereka tidak akan mungkin bertahan di hutan terus, artinya akan ada kampung yang menjadi korban kebiadaban aksi Lewis Kogoya. Mereka butuh bahan pokok, sehingga harus menghalalkan segala cara, termasuk dengan merampas, menjarah," tambahnya.

Franz Korwa dalam keterangannya mengaku sangat marah mendengar kabar penyerangan di Distril Baya Biru, pasalnya kelompok Lewis Kogoya turut menyasar fasilitas kesehatan dan perumahan milik tenaga pendidik.

"Tidak ada kata lain, memang mereka adalah kelompok teroris yang biadab, karena dengan mudahnya melakukan teror terhadap tenaga medis dan guru," pungkas Korwa.

0 komentar:

Posting Komentar