Rabu, 02 Maret 2022

Mencuat Rencana Penggantian Panglima Kodap XV Ngalum Kupel


Konflik internal dikabarkan tengah menghantui kelompok separatis bersenjata TPNPB-OPM. Menurut kabar yang beredar bahwa Panglima Kodap XV Ngalum Kupel, Lamek Taplo, mulai bersengketa terkait jabatannya.

Dikonfirmasi, Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom hanya menyebutkan bahwa keputusan penggantian seorang pemimpin wilayah memungkinkan terjadi. Terlebih jika yang bersangkutan terbukti melakukan  kesalahan yang berdampak pada aksi perjuangan.

"Segala hal tentang itu sudah diatur. Perjuangan yang sekarang adalah milik bangsa Papua, bukan hanya milik kelompok tertentu," ujar Sebby Sambom. (2/3)

Sebby menambahkan bahwa kepengurusan TPNPB-OPM sebagai pejuang di rimba belantara hutan Papua tetap memiliki struktur organisasi yang jelas, bersamaan dengan misi dan operasinya.

"Mau kamu di lembah, gunung, sungai, semua jelas struktur dan tanggung jawabnya. Kalau ada yang tidak setuju dengan komando pusat artinya mereka adalah bagian dari musuh, mereka pemberontak," tambahnya.

Sebby Sambom disebutkan juga menyadari bahwa organisasinya rawan untuk disusupi oleh kelompok-kelompok lain demi kepentingan tertentu.

"Kami sadar tentang aksi kelompok lain yang mencoba mempengaruhi TPNPB-OPM. Mereka sengaja memanfaatkan kami untuk kepentingan yang tidak ada kaitannya dengan perjuangan," ujarnya.

Meski secara terbuka Komnas Pusat TPNPB urung mengabarkan isu konflik yang terjadi pada kelompoknya, namun jubirnya telah mengisyaratkan akan dilakukan evaluasi terhadap Lamek Taplo sebagai Panglima Kodap XV Ngalum Kupel.

0 komentar:

Posting Komentar