Senin, 14 Maret 2022

Tokoh Adat Saireri Dukung Pembentukan DOB Demi Kesejahteraan


Kabar akan dukungan dari berbagai pihak terhadap pemerintah pusat demi membangun kesejahteraan rakyat Papua berturut-turut terus bermunculan.

Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Wilayah Saireri, melalui David Rumansara mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya upaya yang disebutkan pro terhadap rakyat tersebut.

"Aksi pemerintah untuk kepentingan rakyat, kebijakan yang akan dibangun sekarang ini demi kemajuan Papua, kita sendiri yang akan merasakannya nanti," ungkap David. (14/3)

Sebagai tokoh adat, David menjelaskan bahwa kemajuan bagi Papua sudah sangat dielu-elukan oleh masyarakatnya. Meski demikian dirinya sadar bahwa terdapat pihak tertentu yang menyimpan kepentingan lain.

"Rakyat Papua sudah lama menyimpan rasa, menginginkan kemajuan terjadi di wilayahnya, kemudahan selalu menjadi harapan bagi setiap aktivitasnya,"

"Tapi mungkin sedikit sulit, karena ada pihak-pihak lain yang menaruh kepentingan di atas tanah ini. Mereka adalah kelompok yang memanfaatkan keterbelakangan Papua, mereka tidak mau Papua maju," kata David.

David menuturkan bahwa pihak-pihak yang menghambat kebijakan pemerintah selalu bersinggungan dengan gerakan separatisme.

"Makanya ada PR (pekerjaan rumah) bagi pemerintah untuk menangani kelompok ini, kalau ditelusuri pasti nanti mereka berkaitan dengan gerakan separatisme, pasti," ujarnya.

Pemekaran wilayah, menurut David, sebagai upaya yang tepat untuk dilakukan. Oleh sebab itu dirinya mendesak kepada pemerintah untuk tidak lagi berpikir panjang dalam mengesahkan daerah otonomi baru.

"Kritikan itu wajar, tapi yang perlu diperhatikan juga dari siapa kritikan itu muncul. Apakah kritikannya benar atau sekedar menentang. Pemerintah sudah di jalan yang tepat, segera saja disahkan," tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar