Sabtu, 09 April 2022

DOB Janjikan Percepatan Pembangunan Demi Kesejahteraan OAP


Rencana pemerintah mencanangkan Daerah Otonomi Baru (DOB) bagi Papua mendapat dukungan dari sejumlah tokoh sentral. Dukungan tersebut menegaskan jika upaya pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Papua perlu untuk direalisasi.

Ketua DPRD Mimika, Anton Bukaleng dalam keterangannya menyatakan bahwa wilayahnya (Kabupaten Mimika) sudah siap untuk menjadi ibukota Provinsi Papua Tengah. (9/4)

“Kami dan Pemerintah Daerah Mimika sudah siap dan semua sudah dilaksanakan dengan baik untuk jemput bola di tahun 2023 akan datang. Secara keseluruhan Mimika sudah sangat siap untuk menjadi ibukota," unglap Anton.

Menurut dia, kesiapan Mimika untuk menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah sudah sangat matang dan sudah memenuhi syarat, mimika dinilai mampu menunjang pembangunan infrastruktur dan sejumlah pokok pembangunan lainnya.

"Semua ada di Timika, karena itu kami disini sudah sangat siap. Timika sudah sangat matang dan memenuhi syarat. Dengan disahkannya provinsi baru nanti pasti mempermudah pembangunan infrastuktur dan tentu sumber daya manusia,” tambahnya.

Sementara Dewan Adat Mamberamo Raya, Albert Bilasi turut menyampaikan bahwa kehadiran provinsi baru di Paua akan menciptakan lapangan kerja dan secara signifikan mampu mengurangi angka pengangguran. Menurutnya angka pengangguran yang tinggi di Papua menjadi salah satu faktor utama terhambatnya proses pembangunan.

“Kebijakan ini sangat bagus, kami di Papua memang sangat butuh DOB. Bisa dibayangkan DOB nanti akan membuka lapangan kerja yang luas, dan orang Papua akan memanfaatkan itu. Sejauh ini angka pengangguran tinggi menjadi faktor penghambat kemajuan di Papua,”

Menanggapi aksi penolakan yang dilakukan oleh segelintir pihak, Albert menegaskan jika hal tersebut adalah tindakan yang dipaksakan karena tidak relevan dengan kondisi sesunggunya di masyarakat.

“Setiap pembaharuan yang terjadi di Papua sudah terbukti mampu memantik semangat orang Papua untuk berbuat lebih. Buktinya sekarang kita nikmati bagaimana bidang Pendidikan dan Kesehatan mulai meningkat kualitasnya, sektor ekonomi mulai tumbuh. Kita butuh semua itu,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar