Rabu, 06 April 2022

Perayaan HUT New Guinea Raad Pertanyakan “Wadah Perjuangan”


Perayaan hari ulang tahun parlemen New Guinea Raad (NGR) pada 5 April 2022 disebutkan menjadi salah satu momen yang dapat mendongkrak perjuangan pembebasan Papua. Ketua NGR Aminus Balingga dalam keterangannya menyebutkan jika NGR telah dilahirkan kembali untuk meluruskan perjuangan.

“NGR adalah lembaga yang hadir pertama kali di Papua untuk memperjuangkan hak-hak orang Papua. Sehingga momen 61 tahun NGR saat ini dimaksudkan untuk meluruskan perjuangan yang sudah dibelokkan dengan kepentingan kelompok,” ungkap Aminus Balingga, Ketua NGR. (5/4)

Hadirnya NGR untuk pertama kali setelah hilang puluhan tahun dinilai Aminus sebagai motivasi tersendiri untuk memulai ulang perjuangan. Dirinya mengaku merasa ragu dengan perjuangan yang digerakkan oleh kelompok ULMWP yang dipimpin oleh Benny Wenda dan Buchtar Tabuni.

“NGR menjadi semangat yang murni, ini semua sebagai motivasi tersendiri untuk memulai kembali perjuangan yang sudah dibelokkan. NGR murni memperjuangkan hak orang Papua, karena saat ini terjadi krisis kepercayaan oleh rakyat terhadap kelompok ULMWP,” tambahnya.

Aminus menjelaskan bahwa ULMWP mulai ditinggalkan lantaran muncul anggapan bahwa organisasi tersebut mulai bertransformasi. Sebab pada mulanya ULMWP dibentuk sebagai wadah perjuangan, namun seiring berjalannya waktu ULMWP justru mulai mengklaim diri sebagai induk perjuangan dan bahkan sebagai entitas negara.

“Mereka di ULMWP mulai memanfaatkan kedudukan dan keleluasaan, sehingga mulai berubah tujuan ULMWP. organisasi itu seharusnya hanya menampung dan memperjuangkan suara, bukan seperti sekarang yang berubah menjadi negara dengan munculnya pemerintahan-pemerintahan palsu,” tambahnya.

NGR juga disebutkan oleh Aminus sebagai identitas milik orang Papua. Dirinya menegaskan bahwa NGR tidak memiliki kepentingan berdasar sukuisme.

“Kembali kita pada inti perjuangan yang murni, NGR adalah milik kita semua orang Papua, NGR milik bersama, bukan hanya milik sebuah suku dan keluarga dekat,” ujar Aminus mengakihiri.

0 komentar:

Posting Komentar