Minggu, 03 April 2022

Tekan KNPB, Jangan Beri Ruang Organisasi Kriminal


Masa depan suatu bangsa akan ditentukan lewat perkembangan generasi mudanya. Salah seorang Tokoh Pemuda Pagunungan Tengah Papua menyebutkan harus ada upaya tegas dari pemerintah untuk menghilangkan pengaruh buruk organisasi KNPB terhadap generasi muda Papua.

"Organisasi KNPB dibentuk bukan sebagai wadah yang baik, padahal mayoritas simpatisannya adalah anak muda. KNPB sebagai organisasi yang secara terang-terangan melakukan penentangan terhadap negara harus mendapat perhatian lebih," ungkap Daniel Wetipo. (3/4)

Wetipo dalam keterangannya menambahkan bahwa perjalanan KNPB selalu kerap berurusan dengan hukum, bukan hanya sebagai organisasi melainkan oleh para anggota-anggotanya per individu.

"Bukan hanya organisasinya yang punya simbol-simbol perlawanan terhadap negara, tapi masing-masing dari anggotanya juga sama saja. Mereka tidak pernah jauh dari aksi kriminal. Sering sekali berurusan dengan hukum terkait aksi-aksi kriminal," ujarnya.

Oleh sebab itu, Wetipo menampik anggapan bahwa telah terjadi upaya kriminalitas terhadap KNPB yang dilakukan oleh aparat keamanan.

"Tidak benar, sudah jelas bagaimana kehidupan anggota KNPB. Tidak ada kriminalisasi, memang faktanya seperti itu. Anggota KNPB memang gerombolan orang-orang yang tidak pernah patuh hukum. Sehingga wajar kalau ditertibkan," ungkapnya.

Wetipo menegaskan bahwa negara melalui aparat keamanan jangan pernah mentolerir aksi KNPB. Dirinya berpendapat bahwa keleluasaan KNPB akan memberi ancaman luas bagi Papua, aksinya sangat berpotensi merusak situasi keamanan.

"Jangan pernah beri ruang, jangan pernah dengar mereka. KNPB selalu punya alasan untuk membenarkan tindakan mereka. Aparat keamanan harus bisa tegas dengan KNPB, ingat kerusuhan 2019 itu siapa orang-orangnya," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar