Selasa, 17 Mei 2022

Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Tegaskan Dukung Pemekaran Papua


Befa Yigibalom yang merupakan Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua yang juga menjabat sebagai Bupati Lanny Jaya menyebutkan pemekaran terhadap Papua akan membuka peluang kesejahteraan rakyat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

“Pemekaran yang akan dilakukan di Papua bukan karena kemauan sekelompok saja, tapi sudah menjadi kemauan kita bersama. Orang Papua menginginkan dan membutuhkan kesejahteraan,” ungkap Befa dalam keterangannya. (16/5)

Menurutnya negera telah membahas pemekaran dengan sangat detil, oleh sebab itu dirinya menjelaskan bahwa sudah sepatutnya masyarakat dapat menerima keputusan tersebut dan mulai memikirkan pemanfaatan pemekaran dengan sebaik-baiknya.

“Tentu sampai pemerintah sudah memutuskan untuk mulai memekarkan Papua itu dengan berbagai pertimbangan yang kompleks, sekarang tinggal kita saja yang bagaimana menyikapinya, kita harus bisa memanfaatkan pemekaran dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Befa menegaskan bahwa pemekaran tidak perlu dijadikan polemik apalagi sampai mendapati sejumlah penolakan yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu. Dirinya mengatakan agar pembentukan provinsi baru di Papua dapat disambut sebagai harapan baru.

“Sebagai warga yang baik hindari pemikiran negatif, tidak perlu kita menolak apalagi sampai harus mendatangkan konflik. Seharusnya kitab isa menyambut, kita mulai mimpi baru dan harapan baru untuk kesejahteraan orang Papua,” tegasnya.

Bupati juga menambahkan jika hadirnya provinsi baru harus dilihat dari kerangka yang lebih luas. Karena itu, tidak boleh berpikir sempit, apalagi saling mencurigai atau mencari kesalahan orang lain demi kepentingan diri sendiri.

"Harus juga dilihat dengan kacamata baik, bahwa Pemerintah Pusat memberikan pemekaran untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar