Kamis, 26 Mei 2022

Bupati Mimika Tegaskan Kesiapan Papua Tengah Sambut Pemekaran Provinsi


Dukungan terkait rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) turut disampaikan oleh Bupati Kabupaten Miimka, Eltinus Omaleng. Menurutnya yang menyebabkan pemekaran harus dilangsungkan dj Papua mengarah pada faktor kebutuhan. (26/5)

"Melihat Papua yang saat ini maka memang sudah menjadi langkah yang tepat untuk dilakukan pemekaran. Papua memang membutuhkan pemekaran itu terjadi, sehingga sebagai bentuk respon sebagai bupati, saya mendukung rencana itu," ungkap Omaleng.

Bupati Mimika menjabarkan bahwa pemekaran di Papua akan menjawab persoalan kesenjangan yang lama menghantui kondisi di masyarakat Papua. Menurutnya kesenjangan harus segera diatasi untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.

"Persoalan masyarakat dengan kesenjangan yang terjadi harus dituntaskan, tidak bisa selamanya Papua jalan di tempat dengan kehidupan masyarakatnya yang seperti ini. Perubahan ke arah yang lebih baik memang harus dilakukan, salah satu caranya dengan pemekaran," katanya.

Lebih lanjut, Eltinus Omaleng menegaskan jika pemekaran wilayah akan memberi peluang meratanya pembangunan, terjangkaunya pelayanan di seluruh  wilayah, sehingga hal tersebut diharapkan dapat membawa perubahan pada krmandirian yang berdampak baik pada kesejahteraan.

"Yang pasti pemekaran akan mendekatkan sektor pelayanan, daerah yang selama ini jarang terlihat setelah pemekaran mau atau tidak mau, pasti mulai diperhatikan. Pembangunan diberbagai sektor akan terjadi, faktor kemandirian akan terbentuk sehingga masyarakat bisa berkembang," tambahnya.

Eltinus Omaleng turut mengatakan bahwa Papua Tengah dengan Mimika sebagai Ibukotanya dianggap sebagai bakal wilayah yang paling siap untuk menerima pengesahan terkait DOB. Dirinya menyebutkan jika faktor demografi dan geografi yang berkaitan dengan pemenuhan sumber daya alam sangat bisa diandalkan.

"Kalau kita lihat wilayah yang dangat siap, selalu kita menyebutkan Papua Selatan karena memang disana sudah menjadi keinginan semua pihak, tentu kami di Papua Tengah juga sudah sangat siap. SDM dan SDA semua sudah tersedia, tinggal bagaimana kita menjalankannya nanti," ujar Eltinus Omaleng. 

0 komentar:

Posting Komentar