Kamis, 12 Mei 2022

Menteri Luar Negeri ULMWP: “Ikut Arus Artinya Perjuangan Sudah Kalah”


Menteri luar negeri ulmwp peringatkan simpatisan dan pendukung Gerakan pembebasan papua barat untuk tidak terpancing permainan serta provokasi yang dilakukan pihak-pihak. menurutnya upaya pemerintah Indonesia untuk menyegerakan otonomi khusus (otsus) dan pemekaran di Papua adalah salah satu strategi yang sengaja dimainkan.

Sejak deklarasi pemerintahan sementara ULMWP, dirinya telah menegaskan bahwa jangan pernah komponen perjuangan untuk terlalu mengikuti arus terkait kebijakan dan kewenangan pemerintah Indonesia. Hal itulah yang mendasari ULMWP tidak terlalu vokal untuk menyuarakan otsus dan pemekaran.

“Tidak perlu kita terlalu ikuti arus otsus dan pemekaran, karena itu semua adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Sepertinya kita tidak akan bisa mengubah rencana itu, makanya ULMWP tidak pernah terlalu ambisius menyuarakan dua kasus itu,” ungkap Jacob dalam keterangannya. (12/5)

Jacob Rumbiak mengatakan bahwa secara tidak langsung komponen perjuangan yang dibawakan oleh KNPB dan Petisi Rakyat Papua (PRP) sudah dianggap kalah dalam berjuang karena terlalu menanggapi segala rencana pemerintah Indonesia yang akan dicanangkan kepada Papua.

“Secarat idak langsung kita sudah bisa dianggap kalah, karena KNPB dan PRP itu selalu menanggapi cara main pemerintah Indonesia. Seharusnya kita tidak boleh seperti itu, kita harus bisa berjalan sendiri, kita yang menentukan sendiri. Tidak bisa sepenuhnya kita hanya bisa menolak-menolak-menolak,” ujarnya.

Terkait kondisi yang terjadi di Papua, Jacob Rumbiak menegaskan bahwa urusan luar negeri adalah prioritas yang harus diperjuangkan. ULMWP dikatakannya akan memperjuangkan pembebasan Papua dengan cara yang benar.

“Aksi yang terjadi di dalam negeri tidak sepenuhnya bisa memberi perubahan, sehingga kami di ULMWP sedang bekerja keras untuk terus mencari dukungan. ULMWP paham mana aksi yang tepat dan mana yang hanya akan membuang-buang tenaga,” tutup Jacob.

0 komentar:

Posting Komentar