Rabu, 18 Mei 2022

Puluhan Warga Tewas Pasca Kerusuhan, Victor Yeimo Layak Dihukum Berat


Victor yeimo dikenal sebagai salah satu tokoh separatis Papua yang saat ini sedang menjalani persidangan terkait aksinya menyulut terjadinya kerusuhan di Papua pada tahun 2019. Pengaruhnya dalam gerakan perlawanan diketahui turut bergantung pada organisasi separatis KNPB, dalam strukturnya Victor dipercaya menjadi jru bicara internasional.

Kerusuhan hebat yang terjadi di Jayapura dan berlanjut di Wamena sebelumnya bahkan telah melumpuhkan bebrapa sektor penting terutama ekonomi. Dua tahun berselang, Victor Yeimo dikabarkan berhasil diringkus aparat ketika ingin kabur dari Jayapura menuju Papua Nugini. Dalam tindak lanjut dan pemeriksaan yang dilakukan aparat, diketahui Victor merupakan aktor utama dalam peristiwa kejahatan keamanan tersebut.

Meski telah diringkus, proses hukum terhadap Victor Yeimo diketahui masih kerap terhambat, salah satu faktornya adalah desakan dari sejumlah pihak yang diketahui sebagai simpatisan gerakan separatisme di Papua.

Rekam jejak Victor Yeimo terkait aksi separatisme tersebut yang akhirnya turut ditanggapi salah seorang tokoh Papua, disebutkan bahwa hukuman berat terhadap Victor Yeimo harus tetap dijatuhkan. Victor dianggap telah merusak kedamaian dan menjadi momok dalam setiap konflik yang terjadi di Papua.

“Victor Yeimo sudah harus menanggung perbuatannya. Semua orang akan tahu kalau Victor adalah provokator di Papua, aksinya bisa merusak kedamaian. Sebagai orang Papua kami tidak ingin tanah ini selalu mengalir darah dari permusuhan,” ungkap Agustinus R.

Agustinus menyebutkan bahwa dirinya menolak dengan tegas setiap aksi terkait desakan dibebeaskannya Victor Teimo. Selain menyalahi aturan dan undang-undang, dirinya menjelaskan bahwa keterlibatan Victor dalam peristiwa kerusuhan bahkan telah menewaskan puluhan warga di Kota Wamena.

“Kalau Victor Yeimo ini lolos begitu saja, maka bukan tidak mungkin kalau ada pergerakan massa lagi, dimana aksi itu adalah bentuk pelanggaran HAM. Kita lihat bagaimana aksi pengrusakan, upaya penyerangan, sampai pembunuhan telah terjadi di Jayapura dan Wamena waktu itu,” terangnya.

Atas kebiadaban yang telah dilakukan Victor Yeimo, Agustinus menambahkan bahwa hukuman yang diputuskan harus bisa membuat efek jera bagi Victor dan juga terhadap sejumlah simpatisan gerakan separatis. Mengingat Victor Yeimo, KNPB, dan berbagai pihak yang terafiliasi dengan aksi separatisme masih menjadi ancaman nyata yang terus menghantui Papua.

0 komentar:

Posting Komentar