Senin, 27 Juni 2022

Hitungan Hari, Papua Selatan Siap Sambut Pengesahan DOB


Jelang pengesahan menjadi Undang-undang terkait Daerah Otonomi Baru (DOB) pada 30 Juni 2022, Papua dan seluruh komponen didalamnya diketahui sudah bersiap untuk menyambut salah satu hari bersejarah dalam tonggak kemajuan Papua. 

Bupati Merauke, Romanus Mbarakan, dalam keterangannya menyebutkan bahwa pemekaran adalah hajat bagi seluruh orang Papua, oleh sebab itu sebagai seorang kepala daerah dirinya merasa memiliki tanggung jawab untuk memperjuangkannya.

“Pada hakikatnya pemekaran ditujukan untuk seluruh masyarakat di Papua, bukan hanya bagi PPS (Provinsi Papua Selatan) ataupun Papua Tengah, atau Papua Pegunungan Tengah. Pemekaran akan menjadi tujuan bersama yang harus disukseskan,” ujar Romanus. (27/6)

Romanus menambahkan bahwa ada komitmen kuat oleh orang Papua sehingga sudah dapat dipastikan bahwa pemekaran akan segera terealisasi. Ia menyebutkan pelaksanaan pemekaran akan dapat mengangkat pertumbuhan dan menjauhkan Papua dari ketertinggalan.

"Kami ini mau maju, dunia lagi tumbuh dan kita ingin menjadi bagian yang bertumbuh, tidak mau tertinggal. Sehingga kami masyarakat di Selatan Papua sepakat untuk menjadi provinsi," ujar Romanus Mbaraka.

Romanus juga menegaskan bahwa aspek personalia terkait seluruh keperluan pembentukan Provinsi Papua Selatan sudah sangat siap. Optimis, kata Romanus, roda pemerintahan Papua Selatan dapat langsung dijalankan sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat.

“Seluruh aspek terkait personalia sudah sangat siap, kami punya kapasitas yang mumpuni, sehingga harapannya setelah nanti disahkan maka sudah bisa langsung jalan. Pada intinya kami sudah sangat siap untuk menjadi provinsi,” ungkap Romanus.

Sementara menurut salah seorang tokoh Papua Selatan yang juga merupakan penggagas pembentukan PPS, Johanes Gluba Gebze, menegaskan bahwa pemekaran akan memberi peluang bagi orang Papua untuk menjemput kesejahteraan.

“Semakin lebar lagi jalan yang bisa dilalui oleh orang Papua untuk menuju kesejahteraan, kita harus melihat kalau pemekaran ini adalah peluang dan harus dimanfaatkan dengan baik. Kita sangat bersyukur sudah dianugerahi pemekaran,” ujar Gebze.

0 komentar:

Posting Komentar