Rabu, 15 Juni 2022

Klaim Pertemuan IPWP dan Parlemen Inggris Cara Benny Wenda Terima Dana Sumbangan


Aksi propaganda disebutkan tidak bisa terpelas dari perjuangan yang dilakukan oleh Benny Wenda. Sebab eksistensi Benny Wenda di luar negeri hanya bisa disuarakan lewat fiksi dan klaim lewat propaganda. Terkait hal tersebut, belum lama Benny Wenda dan International Parliamentarians for West Papua (IPWP) telah melakukan pertemuan khusus membahas isu Papua. 

Menurut salah seorang mantan tokoh perjuangan kemerdekaan Papua, Nicholas Messet ditemui menyebutkan bahwa klaim yang dilakukan oleh Benny Wenda tidak pernah bisa dipercayai kebenarannya.

“Saya sudah sangat lama melakukannya, persis seperti yang dilakukan Benny Wenda kemarin. Tetapi karena kesadaran diri dan merasa bahwa cara seperti itu sama sekali tidak memberi arti perubahan untuk rakyat Papua, maka saya memilih pulang ke Indonesia,” ujar Nicholas Messet. (14/6)

Sebagai mantan pejuang Organisasi Papua Merdeka (OPM), dirinya menegaskan bahwa upaya yang dilakukan oleh Benny Wenda yang diklaimnya tengah melakukan pertemuan dengan parlemen Inggris tidak mungkin terjadi.

“Tidak mungkin parlemen Inggris mau menanggapi hak seperti itu, namun jika ada keterlibatan terhadap anggota parlemen Inggris maka hal itu sangat wajar. Sebab setiap orang memiliki kebebasan atas haknya masing-masing. Tapi saya tegaskan kalau mereka tidak pernah bisa mengatasnamakan parlemen Inggris,” ungkapnya.

Messet menambahkan bahwa aksi Benny Wenda adalah tindakan yang tidak akan pernah membuahkan hasil, aksinya dinilai sebagai halusinasi sebagai pemenuhan atas hasrat diri. Dirinya juga mengungkapkan bahwa aksi terkait sebagai cara Benny Wenda untuk terus dapat mendapatkan uang demi kehidupannya di luar negeri.

“Ya memang dia harus melakukan hal-hal seperti itu, menurut saya apa yang dilakukan Benny Wenda adalah penipuan. Namun dia tidak punya pilihan, sebab kalau dia diam saja maka tidak akan ada uang yang mengalir ke rekeningnya. Lalu dengan cara bagaimana dia hidup? Apalagi Inggris adalah salah satu tempat dengan biaya hidup yang sangat mahal,” sebut Messet.

Dalam penuturannya Nicholas Messet mengungkapkan bahwa kesibukan yang dilakukan oleh Benny Wenda tidak perlu ditanggapi secara serius. Sebagai mantan pejuang OPM yang telah melakukan hal serupa selama berpuluh-puluh tahun, dirinya merasa bahwa aksi Benny Wenda hanya sia-sia bahkan sampai akhir hayatnya.

“Saya sampaikan kalau tidak perlu kita terpengaruh, apa yang dilakukan Benny Wenda biar saja menjadi kesibukannya. Saya yakin semua akan sia-sia, meskipun saya sangat menyayangkan jika tindakan tersebut terus dilakukan Benny Wenda sampai dia menjemput kematiannya, dan ternyata rakyat Papua tidak mendapat apapun darinya,” tutup Messet.

0 komentar:

Posting Komentar