Jumat, 24 Juni 2022

Lewat DOB Gubernur Papua Upayakan Kesetaraan Pembangunan di Wilayah Pesisir dan Pegunungan


Mewakili Gubernur Papua dalam pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama dengan Komisi II DPR RI, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Ridwan Rumasukun menekankan bahwa pihaknya mendukung rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOP) di Papua. (24/6)

“Saya mewakili Gubernur menyampaikan pesan kalau seluruh perangkat daerah akan mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait DOB,” ungkap Ridwan.

Dirinya menambahkan bahwa pembentukan DOB atau pemekaran Papua dinilai dapat menjadi solusi dalam mempersempit kesenjangan dan mempercepat pembangunan. Sebab menurutnya kesenjangan yang terjadi di Papua tidak hanya terlihat jauh jika dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia, melainkan juga antar daerahnya.

“Jadi masalah utama ini yang mau kita selesaikan, dengan DOB harapannya pembangunan bisa lebih cepat. Karena kesenjangan yang terjadi ini sudah sangat terasa, bukan hanya Papua dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia, kesenjangan antar kabupatennya saja sudah jauh perbandingannya,” tambahnya.

Ridwan menjelaskan bahwa berdasarkan data yang dimiliki, aspek pembangunan di Papua bagian pesisir jauh lebih berkembang dibandingkan wilayah Papua yang berada di kawasan pegunungan.

“Fakta yang terjadi memang seperti itu, pembangunan di wilayah pesisir jauh lebih cepat dibandingkan wilayah pegunungan. Padahal kita sebagai pemerintah daerah menginginkan kesetaraan itu terjadi, semua demi kesejahteraan orang Papua,” ujarnya.

Sementara Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham) Edward Omar Syarif menanggapi dinamika terkait rencana pembentukan DOB menyebutkan bahwa pemerintah tetap mempertimbangkan setiap aspirasi dari seluruh pihak.

“prinsipnya kami pemerintah bersama DPR, DPD, akan berusaha dengan responsive terhadap setiap aspirasi yang masuk. Baik itu dari Gubernur, Pemda, DPR, MRP, dan seluruh masyarakat Papua,” ungkapnya. 

0 komentar:

Posting Komentar