Selasa, 28 Juni 2022

Pertumbuhan Wilayah Pegunungan Papua Terbantu Berkat Pemekaran


Wakil Ketua Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah, Dedimus Yahuli, dalam keterangannya menanggapi proses pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) menyebutkan bahwa hal tersebut akan memberikan peningkatan kesejahteraan bagi rakyat Papua. (29/6)

“Tentu kami sebagai bagian dari Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah melihat pemekaran itu akan memberikan dampak yang sangat baik untuk peningkatakan kesejahteraan bagi orang Papua,” ujar Didimus Yahuli.

Didimus Yahuli menjelaskan bahwa melihat peluang peningkatan kesejahteraan bagi orang Papua tersebut yang melatar belakangi seluruh bupati se-Pegunungan Tengah untuk menerima dan mendukung rencana terkait pemekaran.

“Melihat apa yang kita cita-citakan untuk membawa kesejahteraan bagi orang Papua, maka sudah pasti kami semua (Asosiasi Bupati se-Pegunungan Tengah) mendukung rencana pemekaran. Karena tujuan utama dari pelayanan pemerintah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya,” ungkap Didimus.

Bupati Yahukimo tersebut juga mengatakan bahwa perkembangan yang terjadi di Papua saat ini adalah salah satu hasil dari pemekaran. Dirinya menjelaskan bahwa dahulu wilayah Pegunungan Tengah Papua hanya terdapat satu kabupaten, dan saat ini sudah terdapat 8 kabupaten dengan potensi daerah masing-masing.

“Kemajuan yang dialami Papua sekarang ini juga hasil dari pemekaran, tidak bisa kita menolak dan membantah. Dulu ketika Pegunungan Tengah itu masih terikat dengan Kabupaten Jayawijaya, pertumbuhan tidak secepat sekarang. Beruntung sekarang kita sudah punya 8 kabupaten hasil dari pemerkaran Jayawijaya,” tambahnya.

Pernyataan Didimus Yahuli diketahui senada dengan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) Bahtiar. Menurut Bahtiar proses pemekaran di Papua akan meberikan ruang afirmasi bagi orang asli Papua.

“Inilah adalah berkah yang luar biasa untuk seluruh masyarakat Papua yang patut disyukuri dan semua harus mendukungnya. Ini bukti betapa tingginya perhatian pemerintah dan DPR untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat papua serta berbagai bentuk afirmasi untuk mengangkat harkat martabat orang asli Papua,” kata Bahtiar.

0 komentar:

Posting Komentar