Minggu, 10 Juli 2022

Anggota DPR Papua Menilai Pembangunan Sebagai Aspek Utama Pemekaran


Setelah pengesahan undang-undang Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, salah seorang tokoh masyarakat Papua, Mesakh Marin, menyebutkan bahwa upaya pemerintah dalam melakukan pemekaran terhadap Papua didasari demi kesejahteraan masyarakatnya. (10/7)

“Kesejahteraan soal Papua adalah persoalan yang kerap sekali kita dengar, makanya sekarang ini pemerintah sedang mengupayakannya. Pemekaran ini memang tujuannya untuk mengangkat kesejahteraan bagi Papua,” ujar Mesakh Marin.

Mesakh Marin yang merupakan anggota DPR RI tersebut mengatakan bahwa DOB diharapkan mampu mendatangkan pembangunan yang lebih merata. Dirinya menyebutkan bahwa sejumlah wilayah di Papua masih terdapat terasa ketimpangannya.

“Salah satunya adalah pembangunan, kalau pembangunan terlaksana setidaknyan program-program lainnya akan lebih mudah dilaksanakan. Karena ketimpangan yang terjadi di Papua salah satu faktornya karena minimnya pembangunan, akses ke wilayah itu tidak mudah dijangkau,” ungkapnya.

Mesakh juga menambahkan bahwa regulasi terkait pemekaran harus mampu memberikan ruang kepada setiap msyarakat di Papua. Hal lain yang turut dipertimbangkan adalah mengenai tata kelola pemerintahan dalam tahap awal.

“Sekarang ini yang harus dipikirkan dengan tepat adalah regulasinya, karena pemerintahan tahap awal perlu dibekali dengan dasar-dasar yang kuat. Kita sama-sama berharap yang terbaik, yang pasti kesejahteraan untuk Papua sudah diusahakan dengan baik,” kata Mesakh.

0 komentar:

Posting Komentar