Jumat, 08 Juli 2022

Indikator Hilangnya Pergerakan ULMWP & KNPB Seiring Kemajuan Papua


Proses yang harus dilalui Papua untuk meraih kesejahteraan disebutkan masih harus terhalang eksistensi organisasi separatisme. Disebutkan aksi yang digalang oleh kelompok seperti ULMWP, KNPB, dan PRP telah banyak menyita waktu, padahal masyarakat Papua sudah menantikan kehidupan yang lebih baik.

Menurut tokoh pemuda Papua, Sawy Sitapay, Papua yang sudah dianugerahi otonomi khusus (otsus) dan wilayah-wilayah dalam provinsi baru mulai dapat menentukan sendiri masa depannya. Sehingga dirinya beranggapan bahwa tidak perlu lagi orang Papua manaruh harapan yang tidak pasti kepada ULMWP dan organisasi semacamnya. (8/7)

“Kita sudah punya otsus dan pemekaran, itu artinya pemerintah sudah memberi kita jalan. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai orang Papua mau melangkah. Jadi tidak perlu lagi kita menaruh harapa kepada kelompok-kelompok yang tidak jelas,” ujarnya.

Sawy Sitapay menyebutkan bahwa kelompok-kelompok yang digerakkan sebagai poros perlawanan memiliki kepentingan lain yang tidak berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan orang asli Papua. Menurutnya organisasi seperti ULMWP, KNPB dan PRP punya misi tersendiri untuk mencari kekuasaan dengan mengorbankan orang Papua.

“Mulai dari rakyat sendiri yang menentukan, kita tidak bisa berharap kepada orang lain. Bisa dipastikan kalau pergerakan ULMWP, KNPB, PRP itu mereka punya kepentingan lain. Ada faktor mencari keuntungan dengan mengorbankan rakyat Papua,” tambahnya.

Dirinya juga menduga dengan kemajuan yang akan dialami Papua maka pergerakan-pergerakan yang dilakukan oleh organisasi separatis seperti ULMWP dan KNPB akan musnah dari peradaban masyarakat Papua. Sawy beralasan bahwa pergerakan tersebut tidak pernah memberi manfaat dan hanya mengundang problematic dalam kehidupan orang Papua.

“Selama ini kita yang terus-terusan dijadikan alat, kita ikut sibuk dengan kegiatan mereka tapi tidak pernah dapat hasil. Tapi itu tidak lama, setelah kemajuan di Papua ini terjadi maka pergerakan ULMWP dan KNPB akan musnah begitu saja. Rakyat Papua tidak selamanya bisa dibodohi,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar