Sabtu, 09 Juli 2022

Tokoh Papua Dukung Pemerataan Pembangunan di Papua, “Semua OAP Harus Diperhatikan”


Pemekaran dinilai menjadi jalan tengah dan solusi untuk mengangkat kesetaraan demi kesejahteraan orang Papua. Menurut Pdt Edward Bleskade yang merupakan tokoh masyarakat Papua di Yogyakarta, dirinya menyebut bahwa pemerintah telah mengambil keputusan yang tepat untuk membagi Papua dalam beberapa wilayah.

“Apa yang sudah pemerintah kerjakan itu sudah bagus, Papua yang punya wilayah sebesar itu memang harus dibagi-bagi. Tujuannya untuk memudahkan, membagi tugas, supaya seluruh rakyat Papua bisa mendapat perhatian dari Kepala Daerahnya,” ungkap Edward. (9/7)

Sebagai seorang tokoh masyarakat, Pdt Edward mengungkapkan bahwa kesenjangan masih sangat bisa dirasakan dalam kehidupan masyarakat Papua. Perbedaan pembangunan di wilayah pegunungan masih jauh tertinggal dengan kawasan pesisir.

“Papua itu ada yang di gunung ada juga yang di pantai. Selama ini wilayah Papua yang ada di gunung-gunung itu jarang sekali disentuh. Bahkan seorang Gubernur mungkin ada yang belum pernah injak kaki di distrik-distriknya karena keterbatasan dan sulitnya akses,” tambahnya.

Melihat keinginan yang kuat dari pemerintah untuk memulai pemerataan pembangunan di Papua, hal tersebut yang mendasari dirinya dalam mengapresiasi setiap langkah yang telah dilakukan terkait pemekaran atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Setiap apa saja yang baik pasti orang Papua itu mendukung, jadi pemerintah jangan pernah ragu. Terus saja membangun Papua, membangun kesejahteraan bagi masyarakat disana. Kita sebagai orang Papua sudah pasti dukung karena ini demi kebaikan kita semua,” ujarnya.

Diketahui bahwa Papua telah resmi dimekarkan menjadi 4 provinsi. 3 Provinsi tambahan tersebut diantaranya adalah Papua Tengah yang beribukota di Nabire, Papua Pegunungan di Kabupaten Jayawijaya, dan Papua Selatan di Kabupaten Merauke.

0 komentar:

Posting Komentar